Jumat, 17 Mei 2013

WD MyBook Essential rusak lagi ...

Argghh .... untuk kedua kalinya HDD external dengan merek WD MyBook Essential yang saya beli rusak lagi casingnya .. yang pertama ukuran 3TB baru beli 1 minggu, tewas .. datanya ga bisa ditolong lagi karena terenkripsi, tapi untung cuma sedikit aja isinya ..

Yang kedua ini ukuran 2TB, sudah dipake 1 tahun, minggu lalu tiba-tiba tewas .. datanya juga terenkripsi .. tapi mau cemana neh, isinya penuh banget, mati donk kalo ga bisa ditolong ... :(

Setelah 2 hari terus mencari informasi perihal masalah ini, diketahui memang banyak sekali orang yang mengalami masalah yang sama, dimana papan interface 'SATA to USB3' tiba-tiba rusak tanpa alasan yang jelas. Ada yang menduga mungkin voltase atau alasan listrik lainnya, dsb.

Namun yang paling meresahkan, secara default WD akan mengenkripsi semua isi data di HDD kita meskipun kita tidak memberikan password apapun... *glek*

Dari hasil investigasi, diketahui bahwa HDD external WD MyBook ini memakai beberapa merk chip spt Initio maupun JMicron, well.. punya saya mereknya JMicron, tipe JMS358S .. dan lebih sakit kepalanya lagi tipe board pun bisa berbeda-beda tergantung nomor serinya, punya saya nomor serinya adalah 4061-705061-001 Rev.13R ... ada yang bilang bisa berhasil dengan Rev.AA ..

Kebetulan teman saya juga memiliki papan yang sama, dan setelah berdoa dan dicoba akhirnya semua data bisa dicopy keluar .. puji Tuhan .. *wew*

Nah .. bagaimana ceritanya insiyur WD memutuskan untuk melakukan enkripsi secara default meski tanpa password? alasannya simpel saja, agar proses enkripsi dapat berlangsung cepat apabila kita merubah password.

Ketika kita baru membeli HDD external ini, semua data sudah dienkripsi dengan sebuah 'master key' acak yang disimpan di salah satu sektor di dalam HDD, belum diketahui letaknya dimana, ketika kita memberikan password maka yang akan di-enkripsi adalah 'master key' tersebut, bukan data kita yang sebelumnya sudah terenkripsi.

Sejauh ini hanya diketahui algoritma yang dipakai adalah AES128 dan/atau AES256, tapi tidak diketahui lebih lanjut bagaimana bentuk implementasinya, sehingga jika kebetulan WD Mybook anda juga rusak, maka harapan anda cuma backup ATAU carilah papan interface 'SATA to USB3' yang sejenis.

Pelajaran yang saya petik dari masalah ini adalah
1) Selalu backup data-data yang penting
2) Jangan beli HDD external yang terenkripsi lagi :D

2 komentar:

  1. Lokasi dmna mas,mohon bantuan nya soalnya papan board hdd my book 3tb punya ane rusak

    BalasHapus
  2. wah.. ribet ya :(
    ini baru kejadian wd my book di rumah, gak mau nyala

    BalasHapus