Rabu, 03 Agustus 2011

Bagaimana mengaktifkan AHCI pada Windows 7? Khususnya AMD SB8xx

Bagi Anda-anda yang tidak familiar dengan AHCI, ia adalah kependekan dari Advanced Host Controller Interface
Singkat kata, AHCI adalah teknologi baru untuk menyediakan fitur-fitur Serial ATA. Ia juga membolehkan kita mengakses fungsi-fungsi asli dari pada antarmuka SATA seperti Native Command Queuing yang mana mampu meningkatkan kinerja hard-disk dengan cara mengoptimasi cara kontroller meminta data dari hard-disk, selain itu juga mendukung kemampuan hot-swappable dari pada peralatan SATA sehingga Anda dapat melepaskan drive SATA Anda tanpa harus mematikan komputer Anda terlebih dahulu. Well .. Saya sendiri belum pernah mencoba :p



SATA memiliki 2 mode yakni AHCI dan IDE, yang mana IDE adalah mode terdahulu yang ditujukan untuk tujuan kompabilitas ke perangkat keras lama.

Lalu bagaimana Anda bisa mengaktifkan fungsi AHCI pada Windows 7 Anda? Ada 2 cara
1) Aktifkan AHCI pada BIOS Anda sebelum melakukan installasi Windows 7
2) Jika Anda terlanjut menginstall Windows 7 dengan mode IDE bukan AHCI, maka ikuti cara berikut


  • Jalankan regedit.exe dengan mode Administrator
  • Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSetservices
  • Lihat pada kolom kiri, perhatikan msahci, lalu klik tombol kiri mouse Anda dan klik kanan pada key 'Start' disebelah kolom kanan, dan pilih "Modify"
  • Pada window yang kemudian muncul, ubah angka "3" menjadi "0" dan klik OK
  • Tutup semua windownya, lalu restart Windows Anda
  • Ubah mode di BIOS Anda menjadi AHCI, dan kemudian restart untuk masuk ke Windows 7 Anda ..
  • Selamat .. Anda sudah masuk dalam mode AHCI

Untuk diketahui bahwa konfigurasi diatas hanya mengaktifkan driver standar bawaan dari Windows 7, jika kemudian Windows meminta untuk menginstall driver perangkat keras komputer Anda maka masukkan CD driver untuk komputer Anda, tetapi jika nasib Anda kebetulan naas seperti saya yang memiliki motherboard GA-870A-USB3, maka perlu usaha extra agar Windows 7 64 bit Anda dapat memakai driver yang seharusnya untuk perangkat keras komputer Anda.

Navigasikan ke situs http://support.amd.com/us/gpudownload/windows/Pages/raid_windows.aspx lalu unduh "AHCI for Windows 7" ... pada kasus saya adalah file "11-7_win7_32-64_ahci.exe", jalankan file tersebut, dan ikuti petunjuk yang muncul. Jika tidak ada muncul pesan untuk menginstall driver apapun, maka buka "computer management" lalu navigasikan ke "device management" dan cari "Standard Microsoft AHCI" pada "IDE ATA/ATAPI controller" klik kanan dan kemudian pilih update driver, arahkan ke folder "c:\ATI" ia kemudian akan mencari driver yang tepat dan melakukan installasi secara otomatis, setelah itu restart Windows Anda .. jreng .. selamat .. "AMD SATA Controller" sudah nongol di "computer management" Anda berarti sudah berhasil ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar