Kamis, 07 Januari 2010

Menulis Sistem Operasi lagi?

Sembilan tahun sudah berlalu sejak 2001, saat itu sedang giat-giatnya mencari tahu semua hal yang berkaitan dengan sistem operasi untuk tugas akhir strata satu, well .. akhirnya selesai juga tugas akhirnya dan kemudian gelar sarjana pun diraih.

Meski sudah terhenti beberapa saat akibat kesibukan pekerjaan sehari-hari, namun tetap saja masih ada keinginan terpendam untuk menulis sistem operasi yang benar-benar merupakan kreasi sendiri. Meski hanya sebatas hobi, menulis sistem operasi (kita sebut aja OS) merupakan hal yang paling menarik yang pernah saya rasakan. Dalam dunia komputer, OS bukan merupakan topik yang paling mudah tetapi juga bukan yang paling sulit. Bahkan pernah ada yang mengatakan bahwa lebih mudah menulis OS dari pada menulis program accounting, namun tetap saja jika ditanyakan, sebagian besar programmer pasti menjawab lebih mudah menulis program accounting dari pada OS.


Mengapa menulis OS bisa lebih mudah? Argumennya karena OS ditulis sesuai dengan spesifikasi yang sudah tetap sesuai dengan platform yang dikelola, sedangkan program-program seperti program accounting atau ERP memiliki banyak faktor yang tidak tetap karena berhubungan dengan manusia dan sistem yang selalu berubah. So .. akhirnya .. mana yang lebih mudah?

Ok .. kembali ke topik semula, apa itu sebenarnya sistem operasi? Secara umum sistem operasi merupakan program yang ditulis untuk mengelola sumber daya yang tersedia, yakni prosessor, memori, disk dan kemudian bertugas sebagai antar muka dengan pemakai.

Bayangkan saja jika seorang programmer hendak menulis program sederhana untuk menampilkan sebuah Windows dengan tulisan “Hello World”, ia kemudian harus pusing memikirkan bagaimana mengalokasikan memori, bagaimana mengakses I/O, Interrupt, Mengakses display adapter, Menggambar pixel demi pixel, dll. Ini baru program simple saja bagaimana dengan program yang lebih kompleks seperti program accounting? He he .. dijamin tidak ada lagi peminat yang berbondong-bodong mengambil profesi sebagai programmer seperti hari ini.

Secara umum OS dapat ditemukan hampir dimana saja, mulai dari barang-barang kecil seperti mesin pembuat kopi, DVD, handphone, mp3 player, playstation hingga komputer yang kita pakai sehari-hari maupun server, pengendali mesin motor dan mobil modern, bahkan mesin-mesin ruang angkasa seperti satelit, robot beagle, dll.

Praktis hampir semua membutuhkan yang namanya OS.

http://delidigital.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar