Senin, 25 Mei 2009

Antara Bit dan Byte

Di jaman digital sekarang ini sering sekali bagi kita untuk dapat menemukan kata-kata seperti 'akses internet cepat hingga 1 Mbps (mega bit per second)' atau 'dapat menampung kapasitas hingga 4 GB (giga byte)'.

Apa sebenarnya bit dan byte?

Sebuah bit merupakan sebuah angka biner, untuk mewakili sebuah angka logikal antara "1" atau "0", dimana juga dapat dikaitkan sebagai "benar" atau "salah". Angka biner merupakan sebuah unit dasar untuk informasi dalam dunia digital. Simbol yang di rekomendasi oleh badan standarisasi IEEE adalah bit atau b.


Sedangkan byte merupakan koleksi dari pada bit, dimana setiap bit terdiri angka 1 atau 0. Tidak ada standar yang pasti untuk berapa jumlah angka biner dalam sebuah angka byte, namun dalam sistem modern secara umum, sebuah byte terdiri dari 8 bit. Popularitas mikrokomputer yang berbasis mikroprosessor 8-bit pada tahun 1980-an telah membuat 8 bit sebagai ukuran yang paling umum untuk sebuah byte. Dalam ilmu komputer, Byte merupakan unit pengukuran dasar untuk penyimpanan informasi. Simbol yang di rekomendasi oleh badan standarisasi IEEE adalah byte atau B.

Sering sekali ditemukan singkatan-singkatan seperti Kb, KB, Mb atau MB yang cukup membingungkan untuk orang yang awam terhadap ilmu komputer dimana maknanya dapat sangat berbeda jauh.

Sebagai ilustrasi, 1Mb (Mega bit) yang berarti 1,048,576 bit atau 131,072 byte (1 byte = 8 bit), sedangkan 1MB (Mega byte) berarti 1,000,000 (satu juta) byte yang berarti 8,000,000 bit.

Maka dengan penjelasan diatas diharapkan tidak ada lagi kebingungan untuk mengartikan antara bit atau byte maupun Kb atau KB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar