Rabu, 03 Juni 2009

OpenSolaris 2009.06 dirilis

Sun Microsystem baru saja merilis sistem operasi terbukanya, OpenSolaris 2009.06.
Dalam rilisnya, sun menyebut OpenSolaris sebagai sistem operasi yang aman, stabil dan berskalabilitas tinggi.



Pada rilis 2009.06 ini juga merupakan rilis resmi pertama untuk platform SPARC, sehingga dapat bekerja pada semua platform Sun4v berbasis UltraSPARC T1 dan T2 dan platform Sun4u berbasis UltraSPARC II, III dan IV dengan OBP level 4.17 atau lebih besar. Namun OpenSolaris untuk SPARC saat ini hanya tersedia dalam bentuk image dengan basis installasi otomatis.

Selain rilis untuk platform SPARC, untuk administrator, beberapa hal yang baru dapat ditemukan adalah fungsi virtualisasi jaringan dari Proyek Crossbow. Proyek crossbow memberikan fungsi virtualisasi jaringan dan manajemen sumber daya kepada OpenSolaris 2009.06. Virtualisasi jaringan crossbow mempromosikan
berbagi pakai sumber daya jaringan yang lebih efisien serta meningkatkan kemampuan untuk mengkonsolidasi kinerja server. Dengan fungsi pembangun dasar Virtual Network Interface Controller (VNIC),
virtual switch dan interkoneksi, VLAN, ditambah routing dan fungsi firewall, adalah mungkin untuk mengkosolidasi seluruh lingkungan komputasi terdistribusi pada satu sistem untuk prototipe, percobaan, dll.

Manajemen sumber daya jaringan Crossbow memperbolehkan kita untuk memenuhi tujuan-tujuan quality of service bagi jaringan. Kemampuan manajemen ini membolehkan setting pembatasan bandwidth pada NIC/VNIC.

Fungsi baru lainnya adalah virtualisasi, rilis kali ini mendukung setting VLAN ID untuk antar muka jaringan maya yang terpasang pada domain tamu yang berjalan pada hypervisor Xen yang telah ditambah. Open Solaris 2009.06 juga memperbaiki kemampuan untuk pengamatan IP, sekarang semua lalu lintas data dapat diamati pada lapisan IP, termasuk yang dari dan ke Solaris Container.

Fungsi-fungsi baru lainnya juga ditambah adalah IP multipathing, iSCSI Port Provider untuk COMSTR, juga menyertakan fitur baru untuk interoperabilitas dengan Sistem operasi Windows.

Untuk servis aplikasi misi kritikal, juga telah ditambahkah HA Clusters yang lebih mudah, telah dicoba, dan telah siap untuk dipakai untuk misi yang membutuhkan ketersediaan tinggi. Paket Open-HA tersedia di https://pkg.sun.com/register/

Untuk user, hal yang baru adalah browser Firefox 3.1 beta 3 terbaru, Time Slider Snapshot Management yang dapat melakukan backup data folder home daripada user secara cepat. Untuk multimedia juga ditambahkan aplikasi Codeina dan Elisa.

Dukungan penuh terhadap perangkat keras Nehalem (Intel Xeon 5500) juga ditambahkan dengan peningkatan kinerja yang substansial, efisiensi pemakaian listrik lebih baik, peningkatan realibitilas dan virtualitasi untuk x64.

Rilis ini juga mempertimbangkan konsumsi listrik pada fungsi thread dispatcher, membolehkan setiap thread untuk di jadwalkan sesuai dengan status listrik daripada CPU. dengan dukungan Nehalim untuk manajemen tenaga CPU yang kondisi tidak terpakai (deep C-state), OpenSolaris dapat secara dinamis memposisikan CPU yang belum diinitialisasi ke status dimana konsumsi yang

OpenSolaris 2009.06 dapat diunduh di lokasi berikut
http://www.opensolaris.com/get/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar