Selasa, 10 Mei 2011

32bit vs 64bit?

Bingung dengan jargon 32bit dan 64bit pada komputer Anda? apakah processor Anda dapat mendukung sistem operasi Windows edisi 64bit? apakah sistem operasi Windows Anda dapat mendukung memori diatas 4GB? dst dst dst ...


Mengapa ada perbedaan tersebut?

Dalam dunia komputer terdapat beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari, yakni register, pengalamatan memory, jalur data (data bus) maupun jalur pengalamatan (address bus) yang memiliki besaran tertentu seperti 64bit dimana kemudian disebut sebagai processor atau komputer 64bit. Meski beberapa CPU memiliki ukuran jalur data maupun jalur pengalamatan yang berbeda dari ukuran register.



Salah satu hal yang paling mencolok yang dapat kita perhatikan adalah dukungan memori, dimana pada processor dan sistem operasi 32bit pada umumnya hanya sanggup mendukung hingga 4GB (2^32 bit = 4,294,967,296 byte) sementara processor dan sistem operasi 64bit secara teori sanggup mendukung hingga 2^64bit = 18,446,744,073,709,551,616 bytes ...

Apakah aplikasi 32bit kita dapat berjalan di sistem 64bit?

Pada sistem operasi Windows 64bit, sebagian besar aplikasi 32bit tetap dapat dijalankan dengan baik, kecuali beberapa seperti device-driver maupun antivirus tidak dapat berjalan di sistem 64bit.

Apakah sistem 64bit memakai memori 2 kali dari sistem 32bit?

Hal ini sering disalah mengerti bahwa sistem 64bit mengkonsumsi jumlah memori 2 kali kebutuhan jumlah memori sistem 32bit. Sistem 64bit memang mengkonsumsi jumlah memori sedikit lebih banyak dari pada sistem 32bit, hal ini dikarenakan penjejak memori (memory pointer) yang dibutuhkan lebih besar untuk kebutuhan pengalamatan memori sistem 64bit.

Lalu apakah kinerja aplikasi akan jadi lebih kencang pada sistem 64bit?

Tergantung .. mungkin akan jadi lebih kencang, mungkin malah jadi lebih lambat ... mengapa? ada beberapa aspek yang mempengaruhi, salah satunya adalah besaran data yang dapat diproses sekaligus, jika besaran data yang diproses dalam besaran 64bit tentu akan lebih efisien dibanding diproses pada sistem 32bit. Tentu saja hal ini tidak akan berpengaruh banyak pada aplikasi seperti word processor.

Kapan kita butuh sistem 64bit?

Jika aplikasi kita membutuhkan jumlah memori yang sangat besar, yang mungkin lebih besar daripada 4GB maka Anda perlu mempertimbangkan sistem 64bit karena aplikasi akan berjalan jauh lebih efisien pada sistem 64bit. Pada sistem 32bit, untuk memenuhi kebutuhan memori diatas 4GB aplikasi akan dipaksa memakai virtual memory dari disk yang jauh lebih lambat dari pada memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar