Rabu, 11 Mei 2011

Kabel kategori 5 dan sistem pewarnaan

Kabel kategori 5 (atau Cat5, atau standar Cat5e yang lebih baru) merupakan kabel ganda terulin (twisted pair) yang biasa dipakai untuk menghubungkan jaringan antar komputer. Spesifikasi kabel Cat5 tertuang dalam standar ANSI/TIA/EIA-568-A yang mensyaratkan spesifikasi kinerja dan kinerja percobaan frekuensi hingga 100MHz.


Susunan terulin ganda merupakan salah cara untuk menghindari interferensi atau gangguan sinyal yang tidak diinginkan dari luar, yang biasanya disebut sebagai cross-talk.

Baik jenis kabel, jenis konektor maupun topologi kabel didefinisikan dalam standar TIA/EIA-568-B.

Konektor modular 8P8C, yang mana selalu salah persepsikan sebagai konektor RJ45, dipakai sebagai konektor kabel Cat5. Sebagai informasi konektor RJ45 aslinya adalah konektor kabel telepon dengan nama konektor modular 8P2C, namun karena terdapat kemiripan bentuk sehingga selalu disalah persepsikan dengan konektor modular 8P8C, alias RJ45-nya komputer!

Kabel Cat5 diterminasi baik dengan skema T568A maupun T568B. Kanada dan Australia memakai skema T568A, sedangkan Amerika pada umumnya memakai skema T568B. Pada implementasinya skema manapun yang dipakai tidak lah menjadi masalah asal semuanya seragam agar tidak menimbulkan kebingungan dan masalah.

Berikut adalah skema terminasi kabel Cat5

Skema T568A straight dan crossover

Skema T568B straight dan crossover

Sesuai dengan standar ANSI/TIA/EIA untuk kabel Cat5/Cat5e (TIA/EIA 568-5-A) panjang kabel maksimum per segmen adalah 100 meter, jika perlu lebih panjang lagi harus memakai peralatan seperti repeater maupun bridge.

2 komentar: